PAGA, Alamianus Salomon Ambo (2020) Penerapan Teknik Reinforcement Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Geografi ( Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IIS 6 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 ). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
abstract.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (117kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik Reinforcement melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IIS 6 SMANegeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe praeksperimen one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan atas dua, yaitu instrumen pengumpul data berupa angket aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran geografi dan instrumen perlakuan berupa pedoman penerapan teknik reinforcement melalui layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 15,018 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 1% dengan dk=N-2 adalah 4,032. Dengan demikian nilai thitung >t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teknik reinforcement melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi pada kelas XI IIS 6 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada :1.Kepala Sekolah; diharapkan untuk terus memfasilitasi, mengkoordinir, meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran dan wali kelas dalam melancarkan program kegiatan-kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement agar dapat membantu meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2. Guru BK; diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan teknik reinforcement untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, 3.Guru Mata Pelajaran; diharapkan terus meningkatkan kerjasama dengan guru BK, tetap mendukung dan selalu memberikan informasi tentang siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga ditindak lanjuti dalam layanan bimbingan kelompok oleh guru BK. 4. Siswa; diharapkan dapat memanfaatkan teknik reinforcement dalam layanan bimbingan dan konseling yang diberikan sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajarnya. 5.Penulis; diharapkan dapat menerapkan teknik reinforcement dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, jika sewaktu-waktu melaksanakan tugas sebagai guru BK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 00:45 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 00:45 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4726 |
Actions (login required)
View Item |