BOEK, Selestina (2020) Penerapan Teknik Membaca Solmisasi Dengan Media Bantu Keyboard Dalam Lagu Berkibarlah Bendera Negeriku Ciptaan Gombloh Dengan Menggunakan Metode Solfegio Pada Anak- Anak Asrama Puteri Santa Maria Goreti Atambua. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (467kB) |
|
Text
BAB I NEW.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB II NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
Text
BAB III NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
|
Text
BAB IV NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text
BAB V NEW.pdf Download (292kB) |
Abstract
Suatu karya musik yang dinotasikan dalam bentuk partitur lagu harus “dihidupkan” dalam bentuk bunyi/suara, baik suara vokal maupun instrumental. Notasi musikal suatu lagu atau nyanyian dapat dibaca dengan teknik solmisasi. Namun demikian, keterampilan membaca solmisasi ini tidak selalu dikuasai oleh orang-orang yang ingin bernyanyi, termasuk penghuni Asrama Putri Santa Maria Goreti Atambua yang dalam aktivitas sehari-hari selalu bernyanyi untuk berbagai keperluan. Maka, diperlukan upaya pelatihan untuk memperkenalkan keterampilan membaca solmisasi ini kepada mereka agar mereka dapat menyanyikan dan menikmati keindahan nyanyian yang mereka jumpai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik membaca solmisasi dengan media bantu keyboard dengan menggunakan metode solfegio kepada anak-anak asrama Puteri Santa Maria Goreti dengan lagu “Berkibarlah bendera negeriku”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik membaca solmisasi dengan metode solfeggio dengan menggunakan lagu model “Berkibarlah bendera negeriku”. Pendekatan penelitian yang diambil adalah pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian tindakan lapangan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 7 kali pertemuan, yaitu pertemuan pertama; perekrutan dan penentuan jadwal penelitian; pertemuan kedua: penjelasan tentang instrumen keyboard; pertemuan ketiga: pengenalan tangga nada sekaligus latihan solfeggio; pertemuan keempat: pembelajaran pola ritme; pertemuan kelima: latihan membaca solmisasi yang digabungkan dengan pola ritme; pertemuan keenam: latihan persiapan pementasan tahap akhir; dan pertemuan ketujuh: presentasi hasil akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik membaca solmisasi dengan media bantu keyboard dengan metode solfeggio ini cukup efektif dalam membantu anak-anak asrama puteri Santa Maria Goreti Atambua membaca solmisasi lagu Berkibarlah Bendera Negeriku walaupun masih belum sempurna. Metode solfeggio juga cukup berhasil mengatasi berbagai kesulitan yang dialami selama proses latihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | solmisasi, media bantu, keyboard, metode solfeggio, anak-anak asrama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 01:54 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 01:54 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4827 |
Actions (login required)
View Item |