Upaya Peningkatan Keterampilan Dasar Interpretasi Akor Dalam Permainan Keyboard Dengan Metode Discovery Learning Pada Mahasiswa Semester VII Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira

NGGILI, Benyamin M. H. (2021) Upaya Peningkatan Keterampilan Dasar Interpretasi Akor Dalam Permainan Keyboard Dengan Metode Discovery Learning Pada Mahasiswa Semester VII Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1 COVER_compressed.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I_compressed.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB II_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf

Download (461kB)

Abstract

Dalam memainkan sebuah alat musik dan interpretasi akor, perlu ada dasar teoretis dan pelatihan keterampilan secara khusus dan serius. Penguasaan teori dan keterampilan yang baik oleh seniman akan berdampak langsung pada kemampuan menginterpretasi akornya. Akor yang dihasilkan akan memenuhi kaidah dan unsur-unsur dalam musik. Penerapan interpretasi akor dalam permainan keyboard ini membutuhkan pengetahuan tentang teori musik dan ilmu harmoni sebagai syarat utama. Melihat kemampuan mahasiswa di Program Studi Pendidikan Musik yang kurang mengerti dan memahami materi interpretasi akor Maka Penelitian ini berfokus pada pembelajaran interpretasi akor dalam iringan secara sederhana, terhadap mahasiswa semester VII dengan asumsi bahwa subjek penelitian sudah mampu memainkan alat musik piano dengan teknik iringan dan pola akor dan sudah lulus dalam mata kuliah teori musik dan harmoni. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya meningkatan keterampilan dasar menginterpretasi akor dalam permainan keyboard Metode yang digunakan adalah metode discovery learning dengan desain penelitiannya adalah peneliti memberikan rangsangan berupa latihan penjarian dan etude progresi akor yang akan menjadi gaitan dasar dalam menginterpretasi akor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan discovery learning sangat membantu subjek penelitian dalam menginterpretasi akor karena melalui metode ini, mereka diberi kebebasan seluas-luasnya dalam berkreasi khususnya dalam iringan tanpa mengabaikan prinsip harmoni. Hal ini dapat dilihat dari penemuan akor baru yang lazim digunakan dalam lagu pop oleh karena referensi yang juga merupakan pegangan dari subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interpretasi akor dengan metode discovery learning, mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berekspresi secara bebas tanpa mengabaikan prinsip harmoni.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interpretasi, akor, Discovery Learning, teori musik, harmoni, piano, lagu model, lagu pop, referensi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 12 May 2022 02:22
Last Modified: 12 May 2022 02:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5211

Actions (login required)

View Item View Item