GODHO, Apolonia (2021) Analisis Kendala Dalam Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 6 Kupang Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
BAB IV HASIL DEN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (129kB) |
Abstract
Corona virus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakitpada hewan atau manusia.Oleh karena itu dalam rangka untuk mengatasi penyebaran virus corona di Indonesia pemerintah mengeluarkan kebijakan agar melakukan semua kegiatan dari rumah atau work from home. Kondisi ini juga berlaku dalam dunia pendidikan, dimana proses belajar mengajar dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dan guru dalam pembelajaran IPA pada masa pandemi COVID-19 di SMPN 6 Kupang Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru IPA dan peserta didik SMPN 6 Kupang Tengah yang berjumlah 43 orang. Dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara kepada guru IPA Biologi dan penyebaran angket kepada siswa. Hasil penelitian dalam wawancara dengan guru, kendala yang dialami yaitu: guru sulit memberikan materi secara online dan jarak tempat tinggal peserta didik yang berjauhan. Hasil penyebaran angket kepada siswa:sebanyak 22 responden atau 51% peserta didik mengalami kendala dalam pemahaman materi,sebanyak 19 responden atau 44% peserta didik menjawab sangat setuju, bahwa perlu dilakukan praktikum, sebanyak 22 responden atau 51% peserta didik menjawab sangat setuju, bahwa peserta didik mengalami beban belajar, sebanyak 22 responden atau 51% peserta didik setuju bahwa,pembelajaran selama masa pandemi memberikan pengaruhi terhadap peran orang tua, sebanyak 22 responden atau 51% peserta didik setuju bahwa, penggunaan heandphone menjadi kendala dalam pembelajaran selama masa pandemi ini, sebanyak 21 responden atau 48% peserta didik setuju bahwa, wilayah tempat tinggal memberikan kendala dalam pembelajaran IPA. Kesimpulan dari kendala yang dialami oleh guru adalah Guru sulit memberikan materi secara online, karena tidak semua peserta didik memiliki heandphone androi, Jarak tempat tinggal antara peserta didik yang berjauhan, sehingga guru mengalami kesulitan dalam melakukan kunjungan untuk mengontrol atau memantau peserta didik yang belum memahami dengan baik materi yang diberikan guru. Kendala yang dialami peserta didik adalah Peserta didik sulit untuk memahami materi, Tidak semua peserta didik memiliki heandphone, Jaringan internet yang kurang memadai dan Minimnya ketersediaan paket data.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kendala, Pembelajaran IPA, Pandemi covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 24 May 2022 01:13 |
Last Modified: | 24 May 2022 01:13 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5399 |
Actions (login required)
View Item |