Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi IPA Melalui Studi Pustaka

KETA, Agnes Thresia (2021) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi IPA Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka ataulibrary research. Data yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terdahulu dari sumber skripsi dan jurnal pendidikan yang selanjutnya dianalisis untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada nilai rata-rata tes awal (pretest) ke nilai rata-rata tes akhir (posttest). Selain itu berdasarkan uji statistik masingmasing penelitian yang menggunakan uji anacova menunjukan bahwa nilai probabilitas yang diperoleh lebih kecil dari taraf signifikan yakni 0,05, sedangkan penelitian yang mengunakan uji T dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh Thitung > Ttabel, sehingga rata-rata hasil belajar peserta didik sesudah diberi perlakuan lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwapenerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik materi IPA. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai dari tes awal (pretest) 45,04 ke ratarata nilai tes akhir (posttest) menjadi 79,34 dan hasil uji statistik yang membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil belajar IPA, Studi Pustaka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:24
Last Modified: 07 Jun 2022 05:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5545

Actions (login required)

View Item View Item