Studi Literatur Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik

TOBING, Emanuel Sedu (2021) Studi Literatur Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas membutukan pengembangan model pembelajaran yang tepat, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Kualitas kegiatan pembelajaran tergantung pada perencanaan dan pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dalam suatu proses pembelajaran, hasil belajar peserta didik rendah dikarenakan sebagian peserta didik kurang aktif. Oleh karena itu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran salah satunya model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi peserta didik berdasarkan studi literatur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi literatur. Data yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terdahulu dari sumber skripsi dan juga jurnal pendidikan yang selanjutnya dianalisis dengan tahapan yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pretest dan postest dengan rata-rata nilai postest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest pada jurnal dan skripsi yang diambil sebagai data penelitian ini. Setelah dilakukan uji statistik maka menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik berdasarkan studi literatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Biologi, Studi Literatur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 27 May 2022 01:20
Last Modified: 27 May 2022 01:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5594

Actions (login required)

View Item View Item