KANEL, Evan Adrianus Topu (2021) Pengaruh Gerakan U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Piet A. Tallo Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
Cover keseluruhan.pdf Download (605kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (460kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (490kB) |
Abstract
Dalam perencanaan median disediakan pula bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan u-turn.Gerakan u-turn jauh lebih rumit dengan gerakan belok kanan atau belok kiri,karena kemampuan manuver kendaraan umumnya dibatasi oleh lebar badan jalur, lebar median dan bukaannya, serta arus lalu lintas yang ada pada jalur yang searah maupun jalur berlawanan arah yang menjadi tujuan dari kendaraan u-turn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh gerak u-turn terhadap karakteristik arus lalu lintas di ruas Jalan Piet A. Tallo. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data pergerakan kendaraan menerus dan kendaraan yang melakukan gerakan u-turn serta kecepatan kendaraan saat tak ada kendaraan yang melakukan gerakan u-turn dan kecepatan kendaraan saat ada kendaraan yang melakukan gerakan u-turn. Pengumpulan data ini dilakukan selama 1 hari pengamatan pada pukul 07:00 wita sampai pukul 19:00 dengan interval waktu pengamatan selama 15 menit. Selanjutnya data-data ini digunakan untuk menghitung arus lalu lintas, kecepatan dan kepadatan kendaraan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 serta pengaruh gerakan u-turn terhadap arus lalu lintas menerus. Hasil penelitian dan analisis dimana volume maksimum saat arus terganggu yakni sebesar 1807,10 smp/jam lebih besar dari volume maksimum saat arus tak terganggu yakni sebesar 3540,56 smp/jam dan juga kecepatan saat arus terganggu yakni 21,26 km/jam lebih besar dari kecepatan saat arus tidak terganggu yakni 29,15 km/jam. Dengan demikian pengaruh keberadaan fasilitas U-Turn terhadap karakteristik arus lalu lintas berdasarkan hasil penelitian berupa penurunan kecepatan kendaraan dan penurunan volume maksimum ruas jalan meskipun pada saat itu tidak terdapat gerakan U-Turn. Hal ini disebabkan oleh adanya kehati-hatian pengemudi pada saat mendekati fasilitas U-Turn dalam bentuk penurunan kecepatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arus Lalu Lintas, U-Turn, Kecepatan, Kepadatan. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TH Building construction T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 02:59 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 02:59 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5648 |
Actions (login required)
View Item |