Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Melalui Studi Pustaka

MALELAK, Elsa Sariyati (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)

Abstract

Hasil belajar siswa rendah dikarenakan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas serta model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran masih bersifat Konfensional. Solusi terhadap permasalahan ini telah ditemukan oleh beberapa peneliti terdahulu yang menggunakan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga hasil belajar siswapun meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Terpadu mlalui studi pustaka. Jenis penelitian ini merupakan kualitatifdan dilihat dari sifat penelitian termasuk pada penelitian deskripitif. yaitu penelitian yang berfokus pada penjelasan sistematis tentang fakta yang diperoleh saat penelitian dilangsungkan. Penelitian ini termasuk dalam kategori kepustakaan atau Disableriset yaitu dengan mencatat semua temuan secara umum pada setiap pembahasan penelitian yang didapatkan dalam literature, sumber-sumber lain seperti jurnal, skripisi dan tesis kemudian dimasukan dalam tabulasi data yang kemudian digunakan untuk menganalisa kekurangan dan kelebihan dan melakukan analisa menggunakan metode prestest-posstest atau sebelum dan sesudah melakukan perlakuan.Segala temuan dari sumber kemudian dijadikan rujukan untuk menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa di temukan 3 peneliti terdahulu yang melalukan penelitian serupa dengan menggunkan model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai pretestposttest ada peningkatan, sehingga kemampuan berpikir siswa meningkat. Kesimpulan model pembelajaran inquiri terbimbing dapat gunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA terpadu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Tepadu melalui Studi Pustaka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 28 May 2022 00:54
Last Modified: 28 May 2022 00:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5662

Actions (login required)

View Item View Item