Kajian Trip Rate Bangkitan Dan Tarikan Perjalanan Pada Kawasan Perumahan (Studi Kasus: Perumahan BTN Kolhua, Jalan Fetor Funay, Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang)

MARSIAN, Avila Cahyani Putri (2021) Kajian Trip Rate Bangkitan Dan Tarikan Perjalanan Pada Kawasan Perumahan (Studi Kasus: Perumahan BTN Kolhua, Jalan Fetor Funay, Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK_compressed.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)

Abstract

Pertumbuhan jumlah penduduk Kota Kupang mengakibatkan meningkatnya pembangunan kawasan perumahan, salah satunya adalah kawasan Perumahan BTN Kolhua Kota Kupang. Namun, keberadaan perumahan tidak sepenuhnya sejalan dengan sarana dan prasarana kebutuhan masyarakat sehingga hal ini akan berdampak pada sistem transportasi kota.. Sehubungan dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 75 Tahun 2015, maka perlu dibuat konsep perencanaan transportasi. Salah satu tahap konsep perencanaan transportasi yakni analisa bangkitan dan tarikan perjalanan dapat dilakukan menggunakan metode analisa trip rate. Dari permasalahan tersebut, menarik untuk mengkaji nilai trip rate bangkitan dan tarikan perjalanan serta dampak perbedaan waktu terhadapnya. Tahap pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data berupa volume lalu lintas serta luas kawasan perumahan yang ditinjau. Dari data tersebut maka dapat dilakukan analisa trip rate dengan cara membandingkan jumlah bangkitan dan tarikan perjalanan dengan luas kawasan per 100 m2 sehingga diketahui bahwa nilai trip rate puncak terjadi pada pukul 17:00-18:00 WITA sebesar 0,2580 smp/jam. Kemudian dari perbandingan nilai trip rate pada periode pagi (07:00-08:00 WITA), siang (11:00-14:00 WITA) dan sore (15:00-18:00 WITA) dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai nilai trip rate akibat perbedaan waktu perjalanan. Dengan masing-masing nilai R² yakni pagi sebesar 98,8%, siang sebesar 94,7%, dan sore sebesar 95,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bangkitan/Tarikan Perjalanan, Waktu Perjalanan, Trip Rate
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 11 Jun 2022 00:16
Last Modified: 11 Jun 2022 00:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5794

Actions (login required)

View Item View Item