Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Fotosintesis Di Smpn 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

NDATE, Bonifortis Nai (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Fotosintesis Di Smpn 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (18kB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru masih kesulitan mengaktifkan siswa untuk belajar, sehingga proses pembelajaran belum memenuhi standar proses sesuai yang diharapkan. Hal ini menyebabkan rendah kualitas pembelajaran yang ditandai dengan rendahnya hasil belajar. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, disini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together dan Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together dan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada materi pokok fotosintesis Di SMPN 2 kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya non equivalent control group design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan SPSS versi 16,0 dengan taraf signifikan 0,01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pretest dan posttest dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together masing-masing adalah 51 dan 76,83. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sebelum pretest dan setelah posttest dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share masing-masing adalah 52,83 dan 79,17. Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together dan Think Pair Share ditunjukkan dengan hasil uji normalitas dengan teknik kolmogorov-Smirnov pada kelas pendekatan Numbered Heads Together adalah pretest 0,11 dan posttest 0,78 sedangkan pada kelas pendekatan Think Pair Share adalah pretest 0,25 dan posttest 0,55. Hal ini menunjukan uji normalitas kedua pendekatan normal karena hasil nilai pretest dan posttest lebih dari taraf signifikan 0,01. Uji homogenitas terhadap pretest dan posttest pendekatan Numbered Heads Together dan Think Pair Share yakni 0,103 dan 0,935 hasilnya menunjukan adanya homogenitas karena hasinya lebih tinggi daripada taraf signifikan yakni 0,01. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together dan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa SMPN 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Hal tersebut terlihat dari perbandingan nilai probabilitas (sig.) 0,01 dengan nilai alpha dimana nilai alpha (sig.) 0,00 < nilai probabilitas (sig.) 0,01.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, NHT, TPS, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 27 Apr 2022 00:14
Last Modified: 27 Apr 2022 00:14
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item