MBATE, Ivan Helmiana (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI STUDI PUSTAKA. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (116kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (226kB) |
Abstract
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyatakan bahwa pembelajaran kurikulum 2013 menekankan prinsip pembelajaran yang awalnya peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu konsep keilmuannya sendiri. Salah satu tuntutan kurikulum 2013 adalah peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis karena peserta didik dituntut aktif mencari konsep keilmuannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis adalah model discovery learning. Model discovery learning merupakan proses pembelajaran yang merangsang kemampuan peserta didik untuk memecahkan permasalahan melalui pengolahan data yang terkumpul untuk membuktikan suatu konsep yang terdapat dilingkungan belaja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi literatur,data yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terdahulu dimana sumber penelitian berasal dari skripsi dan jurnal yang selanjutnya dianalisis dengan tahapan yang meliputi transkripsi data,reduksi data,tabulasi data,penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian dari hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovey menunjukkan perbedaan nilai pretest dan postest dimana nilai posttest 78,84 lebih tinggi dibanding nilai pretes yaitu 45,12. Terjadi peningkatan sebesar 33,72 dan hasil penelitian dari keterampilan berpikir kritis dengan menggunakn model pembelajaran discovery menunjukkan perbedaan nilai pretest dan postest dimana nilai postest 78,85 lebih tinggi dibanding nilai pretes yaitu 36,83. Terjadi peningkatan sebesar 42,02 setelah menerapkan model pembelajaran Discovery learning. Kesimpulan dari penenlitian ini adalah model pembelajaran Discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui studi pustaka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Discovery Learning, Hasil belajar IPA, Keterampilan Berpikir Kritis, Studi Pustaka, Pengaruh. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 29 Apr 2022 03:07 |
Last Modified: | 29 Apr 2022 03:07 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6354 |
Actions (login required)
View Item |