Profil Konsep Diri Peserta Didik Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Peserta Didik Kelas VIIIC SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022)

MIDA, Selestina Maria (2021) Profil Konsep Diri Peserta Didik Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Peserta Didik Kelas VIIIC SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Profil konsep diri peserta didik kelas VIIIC SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang tahun pelajaran 2021/2022. 2) Implikasi dari profil konsep diri peserta didik kelas VIIIC SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang tahun pelajaran 2021/2022 bagi program bimbingan pribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa angket konsep diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kecenderungan pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil konsep diri peserta didik kelas VIIIC SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIIIC SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang tahun pelajaran 2021/2022 memiliki konsep diri yang cenderung positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada : 1) Kepala Sekolah; sebagai penanggung jawab kegiatan pendidikan di SMP Katolik St. Yoseph Naikoten II Kupang diharapkan dapat mendukung segenap kegiatan bimbingan yang direncanakan di sekolah, sehingga penyelenggaraan program bimbingan pribadi dapat terlaksana dan dapat membantu peserta didik dalam mempertahankan konsep diri yang positif. 2) Guru Bimbingan dan Konseling; diharapkan untuk meningkatkan kerja sama yang baik dengan wali kelas dan guru mata pelajaran agar memperoleh informasi tentang peserta didik yang mengalami masalah konsep diri untuk ditindak lanjuti dalam bimbingan pribadi. 3) Wali kelas; diharapkan untuk mendukung program bimbingan pribadi yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling di sekolah, sehingga membantu peserta didik dalam mempertahankan konsep diri yang positif. 4) Peserta Didik; diharapkan dapat mengikuti program bimbingan pribadi yang dilaksanakan di sekolah sehingga dapat mencegah masalah-masalah pribadi dan membantu peserta didik untuk tetap mempertahankan konsep diri yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 10 May 2022 03:41
Last Modified: 10 May 2022 03:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item