MOI, Elisabet (2021) Efektifitas Penerapan Teknik Anger Management Melalui Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Kemampuan Mengelolah Emosi Marah Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (542kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (121kB) |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (89kB) |
Abstract
Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah 1). Mengapa teknik anger management melalui konseling kelompok diterapkan untuk peningkatan kemampuan mengelolah emosi marah peserta didik? 2). Bagaimana proses penerapan teknik anger management melalui konseling kelompok untuk peningkatan kemampuan mengelola emosi marah pada peserta didik? 3). Apakah penerapan teknik anger management melalui konseling kelompok efektif peningkatan kemampuan mengelola emosi marah peserta didik? Tujuan penulisan skripsi ini adalah: 1). alasan diterapkqan teknik anger management melalui konseling kelompok untuk peningkatan kemampuan mengelola emosi peserta didik. 2). Prosedur dalam penerapan teknik anger management melalui konseling kelompok untuk peningkatan kemampuan mengelola emosi marah peserta didik. Dan 3). Efektifitas penerapan teknik anger management melalui konseling kelompok untuk peningkatan kemampuan mengelola marah peserta didik. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah studi kepustakaan. Objek kajian adalah tekni anger management, konseling kelompok, dan kemampuan mengelola emosi marah. sumber data adalah sumber data sekunder. jenis data adalah data kualitatif. Hasil kajian menunjukan bahwa teknik anger management dapat digunakan untuk peningkatan kemampuan mengelola emosi marah peserta didik, karena teknik ini memiliki tujuan yang membentuk keseimbangan emosi, tidak menekan emosi, menjaga agar emosi yang merisaukan tetap terkendali dan memberikan pilihan ekspresi marah dalam cara yang sehat. Prosedur penerapan teknik anger management melalui konseling kelompok dapat dilaksanakan berdasarkan enam tahap konseling kelompok yaitu; tahap pra konseling, permulaan, transisi, kerja, akhir dan tahap pasca konseling. Penerapan taknik ini dilakukan pada tahap kerja dengan melaksanakan tiga langkah yaitu; comitment to change, awarenes of your early warning signe dan relaxsation. Teknik anger management melalui bimbingan kelompok eefktif untuk peningkatan kemampuan mengelola emosi marah peserta didik yang terbukti dari artikel hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik skripsi ini. Melalui penulisan skripsi ini penulis mmenyarankan beberapa hal sebagai berikut; 1). kepada guru BK diharapakan agar digunakan sebagai bahan kajian dan bahan intropeksi dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Khususnya pada penerapan teknik anger management melalui layanan konseling kelompok untuk peningkatan kemapuan mengelola emosi marah, 2). Kepada penulis diharapkan menggunkan hasil penulisan ini sebagai sarana dalam mengimplementasikan pengetahuan tentang teknik anger management melalui konseling kelompok untuk peningkatan kemampuan mengelola emosi marah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Pd Rhysto Kila |
Date Deposited: | 09 May 2022 03:18 |
Last Modified: | 09 May 2022 03:18 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6401 |
Actions (login required)
View Item |