LOE, Ordiana Sian (2021) Analisis Kesesuaian Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Biologi Kelas Xii Materi Pokok Pertumbuhan Dan Perkembangan Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Di Sma Negeri 3 Atambua. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (353kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (450kB) |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru wajib menyiapkan RPP dalam rangka membantu peserta didik mencapai kompetensi. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan perorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus. Fungsi RPP sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiataan belajar mengajar agar lebih terarah dan efisien. Namun pada kenyataanya masih ditemukan penyusun RPP yang kurang memperhatikan komponen-komponen yang termuat dalam RPP yang akan berpengaruh terhadap kualitas RPP yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Biologi di SMA Negeri 3 Atambua berdasarkan permendikbud nomor 22 Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menyajikan kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016. RPP yang diambil adalah RPP guru biologi SMA Negeri 3 atambua tahun 2020 yang divalidasi oleh dua orang validator. Hasil penelitian menunjukan bahwa komponen RPP yang termasuk dalam kategori sangat sesuai adalah kelengkapan identitas RPP (100%) langlah-langkah pembelajaran (100%) penilaian hasil pembelajaran (100%) tujuan pembelajaran (87,5%) sumber belajar (87,5%), komponen RPP yang termasuk dalam kategori sesuai adalah metode pembelajaran (75%), komponen RPP yang termasuk dalam kategori kurang sesuai adalah materi pembelajaran (50%), komponen RPP yang termasuk dalam kategori tidak sesuai adalah kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi (25%) media pembelajaran (25%). Rata-rata persentase dari sembilan komponen RPP adalah sebesar 72,22% yang termasuk dalam kategori sesuai. Kesimpulan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa ada kesesuaian RPP guru biologi di SMA Negeri 3 Atambua berdasarkan permendikbud nomor 22 tahun 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis RPP, Permendikbud No 22 Tahun 2016 |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 21 May 2022 00:02 |
Last Modified: | 21 May 2022 00:02 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6546 |
Actions (login required)
View Item |