DOS SANTOS, Natalia (2021) Profil Komunikasi Interpersonal Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IXB SMP Negeri Silawan Kabupaten Belu Tahun Pelajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (110kB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana profil komunikasi interpersonal siswa kelas IXB SMP Negeri Silawan Kabupaten Belu tahun pelajaran 2021/2022? 2) Apa implikasi profil komunikasi interpersonal siswa kelas IXB SMP Negeri Silawan Kabupaten Belu tahun pelajaran 2021/2022 bagi program bimbingan pribadi sosial? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Profil komunikasi interpersonal siswa kelas IXB SMP Negeri Silawan Kabupaten Belu tahun pelajaran 2021/2022. 2) Implikasi profil komunikasi interpersonal siswa kelas IXB SMP Negeri Silawan Kabupaten Belu tahun pelajaran 2021/2022 bagi program bimbingan pribadi sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus kecenderungan pusat. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IXB SMP Negeri Silawan Kabupaten Belu tahun pelajaran 2021/2022. Hasil analisis data penelitian menunjukkan rata-rata populasi komunikasi interpersonal siswa sebesar 142,18 berada pada rentangan skor 126-164, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa Profil Komunikasi Interpersonal Siswa termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IXB SMP Negeri silawan kabupaten Belu tahun pelajaran 2021/2022 memiliki komunikasi interpersonal yang baik, namun masih ada hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian dan penguatan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebagaimana yang telah diuraikan di atas maka peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak terkait : 1) Kepala Sekolah selaku penanggungjawab sekolah diharapkan untuk meningkatkan dukungan dengan menyediakan fasilitas yang mendukung proses bimbingan dan konseling agar guru BK di sekolah dapat menjalankan tugasnya secara maksimal. 2) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan secara berkesinambungan memberikan motivasi dan penguatan kepada siswa agar tetap mempertahankan komunkasi interpersonalnya 3) Guru mata pelajaran diharapkan agar meningkatkan kerjasama dengan guru, BK untuk secara bersama memberikan penguatan kepada siswa untuk mempertahankan komunikasi interpersonal. 4) Siswa : diharapkan lebih aktif mengikuti kegiatan bimbingan pribadi sosial yang disediakan di sekolah untuk meningkatkan komunikasi interpersonalnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 23 May 2022 01:03 |
Last Modified: | 23 May 2022 01:03 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6552 |
Actions (login required)
View Item |