IHA, Katarina Mbali (2014) Korelasi Antara Pemberian Motivasi Belajar Oleh Orang tua Menurut Persepsi Siswa Dengan Prestasi Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 2 Haharu Tahun Pelajaran 2013/2014). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (63kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada korelasi antara pemberian motivasi belajar oleh orangtua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa/i kelas VIIID SMP Negeri 2 Haharu tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui korelasi antara pemberian motivasi belajar oleh orangtua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa/i kelas VIIID SMP Negeri 2 Haharu tahun pelajaran 2013/2014 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpul data yang digunakan adalah wawancara tertulis dan teknik studi dokumen. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket dan lembar studi dokumen. Analisa data yang digunakan adalah “r” product moment, kemudian dilakukan uji korelasi. Hasil penelitian ini diperoleh r hitung lebih kecil dari r tabel (r hitung < r tabel ) dengan nilai r hitung yang diperoleh 0,011 kemudian dibandingkan dengan nilai r tabel pada taraf kepercayaan 95% = 0,413. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara pemberian motivasi belajar oleh orang tua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa/i kelas VIIID SMP Negeri 2 Haharu tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi antara pemberian motivasi belajar oleh orangtua menurut persepsi siswa dengan prestasi belajar siswa/i kelas VIIID SMP Negeri 2 Haharu tahun pelajaran 2013/2014. Dari kesimpulan ini peneliti memberikan beberapa saran kepada a) kepala sekolah diharapkan sebagai pemimpin dalam suatu lembaga agar dapat meningkatkan kerjasama dengan para guru, dan orangtua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan bekerjasama untuk menemukan faktor penyebab menurunnya prestasi belajar siswa. b) kepada guru diharapkan agar dapat meningkatkan kerjasama yang baik dengan orangtua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan berusaha untuk menemukan faktor penyebab rendahnya prestasi belajar siswa. c) konselor sekolah sebagai penyelenggara layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah agar dapat meningkatkan kerjasama dengan orangtua dan personil sekolah lainnya untuk membantu siswa prestasi belajarnya dan mencari tahu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa. d) kepada orangtua sebagai penanggung jawab dan pendidik utama bagi anak-anak di rumah agar selalu memperhatikan belajar siswa di rumah dan bekerjasama dengan para guru di sekolah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.KM Ustyn Ceme |
Date Deposited: | 24 May 2022 05:44 |
Last Modified: | 24 May 2022 05:44 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6610 |
Actions (login required)
View Item |