PENJAHA, Fransina (2016) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Berkomunikasi Siswa Di Kelas (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (355kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
Abstract
Judul : Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku berkomunikasi siswa di kelas (Studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016). Masalah penelitian adalah Apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku berkomunikasi siswa di kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/ 2016?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku berkomunikasi siswa di kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/ 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara tertulis dengan alat pengumpul data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment pada taraf signifikansi 5% dengan db=N-2. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil r hitung = 0.602, bila dikonsultasikan dengan r tabel produt moment pada taraf signifikansi 5% dengan db=N-2 sebesar 0.334 maka r hitung lebih besar dari r tabel atau rhit > rtab (0.602 > 0.334). Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku berkomunikasi siswa kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku berkomunikasi siswa kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 diterima. Berdasarkan hasil analisis maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku berkomunikasi siswa di kelas. Artinya semakin siswa kelas XI IPS6 SMA Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 percaya diri, maka semakin siswa mampu berkomunikasi. Berdasarkan simpulan tersebut, peneliti memberi saran kepada: a) Kepala sekolah, diharapkan agar tetap mempertahankan dan lebih meningkatkan kerjasama dengan para guru agar mengupayakan cara-cara yang tepat dalam memotivasi siswasiswi yang kurang percaya diri agar dapat berkomunikasi secara efektif dengan sesama teman maupun guru. b) Guru-guru atau staf pengajar, diharapkan lebih meningkatkan upaya-upaya menciptakan suasana kelas yang nyaman dan memotivasi siswa-siswi yang kurang percaya diri sehingga siswa-siswi dapat berkomunikasi secara baik dengan sesama teman maupun guru. c) Konselor Sekolah, diharapkan dapat merencanakan layanan-layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan menjalin kerjasama yang baik dengan guru-guru serta wali kelas untuk membantu siswa-siswi dalam mengembangkan sikap percaya diri dan perilaku berkomunikasi yang lebih baik. d) Siswa-siswi, diharapkan untuk memanfaatkan layanan-layanan bimbingan dan konseling yang tersedia di sekolah untuk pengembangan kepribadian dalam peningkatkan kepercayaan diri dan perilaku berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 04:20 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 04:20 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6706 |
Actions (login required)
View Item |