RIA, Rikardis Margareta (2016) Survei Pemanfaatan Waktu Luang Dan Implikasinya Bagi Layanan Bimbingan Pribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas VIIIB SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 ). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (147kB) |
Abstract
Judul skripsi : Survei pemanfaatan waktu luang dan implikasinya bagi layanan bimbingan pribadi pada siswa kelas VIIIB SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Pemanfaatan waktu luang apa yang paling dominan dirasakan oleh siswa kelas VIIIB SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang. 2) Bagaimana implikasinya bagi layanan bimbingan pribadi pada siswa kelas VIIIB SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang yang paling dominan dirasakan oleh siswa kelas VIIIB 2) Implikasinya bagi layanan bimbingan pribadi pada siswa kelas VIIIB SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah inventori berupa alat ungkap masalah dan alat pengumpul data yang digunakan adalah alat ungkap masalah. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang, sehingga sampel penelitian ini adalah sampel populasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa masalah pemanfaatan waktu luang yang paling dominan dirasakan oleh siswa kelas VIIIB SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 adalah: no item 013 yaitu kurang mampu mengatur waktu dengan baik =84%, dan no item 016 yaitu di rumah tidak mempunyai waktu untuk menghibur diri =12%. Sesuai hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa pemanfaatan waktu luang yang paling dominan dirasakan oleh siswa kelas VIIIB SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 adalah: no item 013 yaitu Kurang Mampu Mengatur Waktu dengan Baik, dengan persentase tertinggi 84%. Implikasinya bagi layanan bimbingan pribadi adalah guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan BK kepada para siswa kelas VIIIB khusus layanan bimbingan pribadi mengenai pemanfaataan waktu luang, lebih mengutamakan pada cara menyusun jadwal kegiatan sehari-hari agar para siswa dapat mengetahui dan memanfaatkan waktu luang mereka secara efisien dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, peneliti mengajukan beberapa saran kepada pihak-pihak yang terkait yaitu: a) Kepala sekolah, agar lebih memberikan perhatian, pengawasan, kepada para siswa khususnya dalam hal pemanfaatan waktu luang. b) Kepada guru bimbingan dan konseling, untuk selalu membimbing dan lebih memperhatikan para siswa khususnya dalam memanfaatkan waktu luangnya agar mereka mampu mengatur waktunya dengan baik. c) Guru diharapkan untuk lebih memperhatikan, dan membimbing siswa agar dapat memanfaatkan waktu luangnya secara baik. d) Diharapkan agar siswa mampu mengatur waktu dengan baik, di sekolah maupun di rumah sehingga dapat mengisi waktu luangnya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:30 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:30 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6729 |
Actions (login required)
View Item |