NDANG, Wihelmina (2014) Hubungan Antara Perhatian Orangtua Menurut Persepsi Siswa Dengan Minat Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XB SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng Tahun Pelajaran 2013/2014). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (58kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada hubungan antara perhatian orangtua menurut persepsi siswa dengan minat belajar siswa/i kelas XB SMAK St.Thomas Aquinas Ruteng tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hubungan antara perhatian orangtua menurut persepsi siswa dengan minat belajar siswa/i kelas XB SMAK St.Thomas Aquinas Ruteng tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpul data adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data berupa angket. Analisa data yang digunakan adalah “r” product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa r hitung lebih kecil dari r tabel (r hitung < r tabel ) dengan nilai r hitung yang diperoleh 0,237 kemudian dikonsultasikan dengan nilai r tabel Product moment pada taraf kepercayaan 95% = 0,444. Hasil ini menunjukkan bahwa (Ho) yang berbunyi: “tidak ada hubungan antara perhatian orangtua menurut persepsi siswa dengan minat belajar siswa/i kelas XB SMAK St.Thomas Aquinas Ruteng tahun pelajaran 2013/2014” diterima, sementara (Ha) yang berbunyi: “ada hubungan antara perhatian orangtua menurut persepsi siswa dengan minat belajar siswa/i kelas XB SMAK St.Thomas Aquinas Ruteng tahun pelajaran 2013/2014 ditolak” Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara perhatian orangtua menurut persepsi siswa dengan minat belajar siswa/i kelas XB SMAK St.Thomas Aquinas Ruteng tahun pelajaran 2013/2014. Dari kesimpulan ini peneliti memberikan beberapa saran kepada a) Kepala sekolah diharapkan sebagai pemimpin dalam suatu lembaga agar dapat meningkatkan kerjasama dengan para guru, dan orangtua dalam meningkatkan minat belajar siswa dan bekerjasama untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. b) Guru diharapkan agar dapat meningkatkan kerjasama yang baik dengan orangtua dalam meningkatkan minat belajar siswa dan berusaha untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. c) Konselor sekolah sebagai penyelenggara layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah agar dapat meningkatkan kerjasama dengan orangtua dan personil sekolah lainnya untuk membantu siswa meningkatkan minat belajarnya dan mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. d) Orangtua sebagai penanggungjawab dan pendidik utama bagi anak-anak di rumah agar selalu memperhatikan belajar siswa di rumah dan bekerjasama dengan para guru di sekolah dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.KM Ustyn Ceme |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:53 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:53 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6761 |
Actions (login required)
View Item |