Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon Pada Siswa Kelas XG SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

DARSIN, Heribertus (2014) Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon Pada Siswa Kelas XG SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai inti pembelajaran. Prosedur yang digunakan dalam model pembelajaran berbasis proyek dapat memberi siswa lebih banyak waktu berpikir, untuk merespon dan saling membantu. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas XG SMA Negeri 5 Kupang? (2) Adakah hubungan minat terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran berbasis proyek materi pokok senyawa hidrokarbon pada siswa kelas XG SMA Negeri 5 Kupang? (3) Adakah pengaruh minat terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran berbasis proyek materi pokok senyawa hidrokarbon pada siswa kelas XG SMA Negeri 5 Kupang?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa kelas XG SMA Negeri 5 Kupang (2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat terhadap hasil belajar dalam model pembelajaran berbasis proyek materi pokok senyawa hidrokarbon pada siswa kelas XG SMA Negeri 5 (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran berbasis proyek materi pokok senyawa hidrokarbon pada siswa kelas XG SMA Negeri 5 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif dengan sampel penelitian siswa/i kelas XG SMA Negeri 5 Kupang yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, lembar penilaian proyek penyelidikan ilmiah siswa, lembar afektif siswa, Tes Hasil Belajar (THB) dan angket minat siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,70. Ketuntasaan indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek adalah tuntas, dengan rincian untuk ketiga aspek: (1) Aspek Kognitif tuntas dengan skor 85% (2) Aspek psikomotor dengan skor 88%, (3) Aspek afektif 80%. Ketuntasaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek adalah tuntas, dengan rincian untuk ketiga aspek: (1) Aspek Kognitif tuntas dengan skor 86,89% (2) Aspek psikomotor dengan skor 79,65%, (3) Aspek afektif 80,12%. Minat siswa terhadap kegiatan pembelajaran berada pada interprestasi skor sangat kuaat yaitu 81,55%. Terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan hasil belajar yaitu 62%, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan hasil belajar yaitu 14,688. Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek baik untuk diterapkan pada siswa kelas XG SMA Negeri 5 Kupang materi pokok senyawa hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 20 Jun 2022 00:34
Last Modified: 20 Jun 2022 00:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6826

Actions (login required)

View Item View Item