Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Kerajaan Hewan Di SMP Negeri 4 Kupang Barat Tahun Ajaran 2012/2013.

SONI, Maria (2012) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Kerajaan Hewan Di SMP Negeri 4 Kupang Barat Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif pendekatan NHT merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Head Together efektif terhadap hasil belajar biologi Siswa kelas VII pada materi pokok kerajaan hewan di SMP Negeri 4 Kupang Barat tahun ajaran 2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Head Together terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII pada materi pokok kerajaan hewan di SMP Negeri 4 Kupang Barat tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kupang Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII F. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, tuntas (87) dan secara klasikal, tuntas (93,3%). Rerata indikator 0,87 (tuntas), dan 0,46 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 95,92 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,7 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,15 (baik). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Head Together efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII pada materi Pokok Kerajaan Hewan di SMP Negeri 4 Kupang Barat Tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, NHT, Model Pembelajaran Kooperatif, One group pretest-postest design, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:25
Last Modified: 23 Aug 2022 04:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7875

Actions (login required)

View Item View Item