DIJA, Maria Fatima (2017) Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Elastisitas Dan Gerak Harmonik Sederhana Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa Semester Ganjil Sma Swasta Terakreditasi Pgri Kota Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
FILE ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE BAB I.pdf Download (52kB) |
|
Text
FILE BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) |
|
Text
FILE BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
FILE BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
|
Text
FILE BAB V.pdf Download (37kB) |
Abstract
Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan salah satu jenis pendekatan dalam proses pembelajaran yang terpaku kepada peserta didik. Dimana dalam pendekatan ini peserta didik secara tidak langsung dilatih untuk menemukan sendiri jawaban atau solusi atas masalah yang dipertanyakan dibawah bimbingan yang tepat dari guru. Masalah utama dalam penelitian ini adalah: bagaimana hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana pada peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana pada peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti)dan peserta didik kelas XI IPA semester ganjil SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 orang. Teknik pemilihan subjek dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: observasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah: lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, tes hasil belajar (THB) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana pada peserta didik kelas XI IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang yang berjumlah 16 orang adalah optimal. Secara terperinci diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yangg meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Indikator hasil belajar (IHB) yang disiapkan sebanyak 7 buah indicator pencapaian produk, 9 indikator pencapaian proses, 6 indikator pencapaian afektif dan 3 indikator pencapaian psikomotor semuanya tuntas. Hasil belajar (HB) peserta didik untuk tes hasil belajar produk, proses, afektif dan psikomotor semuanya tuntas serta respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, pengelolaan waktu dan suasana kelas semuanya berada dalam kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan inkuiri terbimbing, Elastisitas dan Gerak Harmonik Sederhana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 06:09 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 06:09 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8502 |
Actions (login required)
View Item |