Upaya Meningkatan Kemampuan Gestikulasi Suasana Batin Sedih, Marah Dan Gembira Pada Siswa-Siswi Minat Drama Dalam Melakonkan Tokoh Drama Sesuai Alur Cerita Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Melalui Metode Drill

NURU, Florida Meriyati Sabina (2015) Upaya Meningkatan Kemampuan Gestikulasi Suasana Batin Sedih, Marah Dan Gembira Pada Siswa-Siswi Minat Drama Dalam Melakonkan Tokoh Drama Sesuai Alur Cerita Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Melalui Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)

Abstract

Drama merupakan salah satu cabang seni yang belum maksimal diajarkan pada siswa-siswi minat drama di SMPK Adisucipto Penfui- Kupang. Masalah pokok yang diangkat pada penelitian ini yakni bagaimana penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan gestikulasi suasana batin sedih, marah, dan gembira siswa/i minat drama dalam melakonkan tokoh drama sesuai alur cerita sebagai kegiatan ekstrakurikuler di SMPK Adisucipto Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampauan gestikulasi suasana batin sedih, marah, dan gembira siswa/i minat drama dalam melakonkan tokoh drama sesuai alur cerita sebagai kegiatan ekstrakurikuler di SMPK Adisucipto Penfui-Kupang. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan beberapa teknik yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode drill dalam rangka peningkatan kemampuan gestikulasi suasana batin sedih, marah, dan gembira siswa/i minat drama melakonkan tokoh drama sesuai alur cerita sebagai kegiatan ekstrakurikuler di SMPK Adisucipto Penfui-Kupang, dengan melakonkan sebuah drama berjudul “Malin Kundang”, dilakukan melalui tahap-taghap meliputi: (1) Pengrekrutan peserta lakon drama untuk memperoleh anggota yang memiliki gestikulasi yang baik dan memiliki pengetahuan serta kemampuan dasar sehingga siap melakonkan tokoh drama yang akan dipelajari (2) Latihan menggestikulasi suasana batin sedih, marah, dan gembira secara berulang-ulang agar dalam melakoni tokoh drama yang akan diperankannya, gestikulasi yang dilakukan itu dapat terekspresi secara alamiah. (3) Pendalaman teks drama dan tokoh yang akan diperankan (4) Latihan menggestikulasi suasana batin sesuai naskah drama secara berulang-uang secara mandiri dan saat dialog denga pemain lain yang memerankan tokoh lain dalam drama (5)Latihan panglafalan dialog sesuai peran, sambil menghafal teks drama sesuai tokoh yang diperankan. (6) Pementasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru, Siswa, Kemampuan, Gestikulasi, Drama, Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:36
Last Modified: 13 Sep 2022 05:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8682

Actions (login required)

View Item View Item