Penerapan Metode Role Playing Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa Minat Drama Dalam Mengekspresikan Tokoh-tokoh Drama Bertema Kebudayaan Di SMPK St. Theresia Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015

DJAGO, Maria Irvin Geovani (2015) Penerapan Metode Role Playing Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa Minat Drama Dalam Mengekspresikan Tokoh-tokoh Drama Bertema Kebudayaan Di SMPK St. Theresia Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (67kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Penerapan metode role playing dalam pembelajaran drama merupakan salah satu tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan karakter tokoh drama. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan metode role playing guna meningkatkan kemampuan siswa minat drama dalam mengekspresikan karakter tokoh-tokoh drama bertema kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode role playing guna meningkatkan kemampuan siswa minat drama dalam mengekspresikan karakter tokoh-tokoh drama bertema kebudayaan di SMPK St.Theresia Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk perolehan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitia menunjukkan bahwa penerapan metode role playing guna meningkatkan kemampuan siswa minat drama dalam mengekspresikan karakter tokoh-tokoh drama bertema kebudayaan di SMPK St. Theresia Kupang, dilakukan melalui tahapan yang dimulai dari proses penerapan materi tentang teori drama. Kemudian siswa diperkenalkan dengan metode role playing dan dilanjutkan dengan pembahasan naskah drama. Mereka lalu dibagikan dalam bentuk kelompok dengan jumlah siswa masing-masing kelompok enam sampai tujuh orang. Siswa diberi kesempatan untuk membagi peran sesuai dengan karakter tokoh-tokoh dan dilanjutkan dengan latihan diskusi atau evaluasi terhadap hasil latihan mereka. Pada tahap kedua dan ketiga pun mereka melanjutkan dengan latihan dan diskusi tentang hasil latihan kemudian dipilih salah satu kelompok terbaik untuk menjadi kelompok pementas drama asal mula tanaman pangan di dunia pada tahap keempat. Untuk pementasan yang mereka sajikan dapat berjalan dangan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: drama, karakter tokoh, role playing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:51
Last Modified: 13 Sep 2022 05:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8698

Actions (login required)

View Item View Item