Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Mars Adisucipto Dalam Aransemen Tiga Suara Bagi Siswa Siswi Minat Paduan Suara Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Melalui Metode Solfegio

TAGUR, Mechtildis A. (2015) Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Mars Adisucipto Dalam Aransemen Tiga Suara Bagi Siswa Siswi Minat Paduan Suara Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Melalui Metode Solfegio. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bernyanyi siswasiswi dalam kelompok ekstarakurikuler paduan suara SMPK Adisucipto Penfui Kupang, khususnya bernyanyi sesuai pembagian suara. Diharapkan melalui penerapan model pembelajaran solfegio kemampuan siswa-siswi bernyanyi dalam bentuk paduan suara dapat ditingkatkan. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana upaya guru meningkatkan kemampuan siswa minat paduan suara sehingga dapat menyanyikan lagu Mars Adisucipto dalam tiga suara secara tepat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa minat paduan suara sehingga dapat menyanyikan lagu Mars Adisucipto dalam tiga suara secara tepat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan dengan metode tindakan lapangan(Action Research Eksperimental) Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan solfegio dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Proses penerapan metode solfegio dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu; (1) melatih para siswa-siswi mendengarkan/ear training, lagu yang akan dinyanyikan (2) melatih para siswa-siswi membaca/sight reading, notasi lagu dan (3) melatih para siswa-sisiwi menyanyikan/sight singing. Melalui proses ini siswa mengalami kemajuan dan perkembangan dalam bernyanyi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar pelatihan solfegio dapat diterapkan dalam pembelajaran paduan suara oleh guru/pelatih ekstrakurikuler paduan suara. Sekolah juga hendaknya menyediakan ruangan khusus (ruang musik) dan alat musik demi menunjang segala kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan bermusik khususnya paduan suara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, menyanyi, guru, siswa siswi, paduan suara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:04
Last Modified: 13 Sep 2022 06:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8705

Actions (login required)

View Item View Item