PILIT, Oktaviani Devanti (2015) Peningkatan Kemampuan Mengolah Vokal/Suara Dalam Melakonkan Tokoh Drama Timun Emas Pada Siswa-Siswi Minat Drama Kelas VII A SMP Angkasa Penfui-Kupang Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Menggunakan Metode Role Playing. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (623kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) |
Abstract
SMP Angkasa Penfui-Kupang adalah salah satu sekolah yang mempunyai kegiatan ektrakurikuler. Diantaranya olahraga volly, bola kaki, bulu tangkis, pramuka, drama, tari, paduan suara, vokal grup. Drama merupakan sub bidang seni yang belum maksimal diajarkan pada siswa-siswi kelas VII A SMP Angkasa Penfui-Kupang. Penggunaan metode pembelajaran oleh guru yang tidak sesuai dengan situasi materi ajar, membuat siswa kurang menjelajah dan menggali nilai yang terkandung dalam drama. Kondisi ini memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa mengolah vokal/suara melalui metode role playing. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu: apakah metode role playing dapat meningkatkan kemampuan mengolah vokal/suara siswa-siswi minat drama dalam melakonkan tokoh pada drama Timun Emas di kelas VII A SMP Angkasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengguna metode role playing dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa-siswi minat drama dalam mengolah vokal/suara. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan lapangan. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan beberapa teknik yaitu studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode role playing dalam rangka peningkatan kemampuan mengolah vokal/suara pada siswa-siswi dalam memerankan tokoh pada drama dengan judul Timun Emas sangat efektif. Langkah- langkah yang dilakukan guru adalah sebagai berikut: (1) guru menjelaskan defenisi drama dan unsur-unsur yang termasuk dalam drama khususnya dalam mengolah vokal/suara. (2) guru memperkenalkan drama Timun Emas yang sudah disiapkan, selanjutnya guru mempraktekkan cara mengolah vokal/suara yang benar dan anak-anak meniru apa yang dipraktekkan guru. (3) drama tersebut siap dipentaskan. Penulis menyimpulkan bahwa melalui kegiatan ekstrakurikuler, siswa-siswi kelas VII A SMP Angkasa dapat mengetahui tentang pengetahuan drama, khususnya dalam mengolah vokal dan mengtahui unsur-unsur yang termasuk dalam mengolah vokal/suara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, mengolah vokal/suara, Drama, Metode Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature of music P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 06:08 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:08 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8715 |
Actions (login required)
View Item |