Pengaruh Respon Tentang Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA SMA PGRI Kupang Tahun Ajaran 2021/2022

WILDAIMAN, Melania (2022) Pengaruh Respon Tentang Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA SMA PGRI Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (402kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran pada masa pendemi menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh guru. Pada masa pendemi seperti ini kegiatan pembelajaran menjadi berbeda dari sebelumnya, dimana dilakukan secara secara daring/ online. Namun, berdasarkan Surat Edaran No 4 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021/2022 bahwa kegiatan belajar mengajar dapat dilansungkan secara tatap muka atau offline, dengan catatan mengikuti protokol kesehatan dengan limit waktu yang terbatas. Pembelajaran yang dilakukan selama pendemi dianggap kurang efektif karena dilakukan secara offline dengan limit waktu yang terbatas, sehingga perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang lain, agar peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik, salah satu media pembelajaran yang digunakan yaitu video pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan mendeskripsikan validitas video pembelajaran yang dirancang pada materi laju reaksi (2) Mengetahui dan mendekripsikan respon peserta didik tentang media video pembelajaran yang dirancang pada materi laju reaksi (3) Mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi yang menggunakan media video pembelajaran (4) Mengetahui dan mendeskripsikan hubungan respon tentang media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi (5) Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh respon tentang media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini yakni peserta didik kelas XI IPA SMA PGRI Kupang yang berjumlah 26 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Instrument penelitian terdiri dari lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar angket respon peserta didik, lembar tes hasil belajar, dan lembar penilaian portofolio. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data yang diperoleh (1) Video pembelajaran pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA PGRI Kupang tahun ajaran 2021/2022 dari kedua aspek yaitu aspek materi dan aspek media termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase rata-rata dari kedua aspek ini sebesar 88,75% dan 82,95%. (2) Respon peserta didik mengenai pengaruh respon tentang media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA PGRI Kupang tahun ajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 83,5%. (3) Hasil belajar keseluruhan peserta didik yang menggunakan media video pembelajaran pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA PGRI Kupang tahun ajaran 2021/2022 dinyatakan tuntas 84,88%. (4) ada hubungan yang signifikan antara respon tentang media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA PGRI Kupang tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai thitung >ttabel atau 20,92 >2,064. (5) Ada pengaruh signifikan antara respon tentang media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA PGRI Kupang tahun ajaran 2021/2022dengan Fhitung > Ftabel 5,92> 2,59 dan persamaan regresi = +

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Respon, Hasil Belajar,Video Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Pd Melania Wildaiman
Date Deposited: 15 Sep 2022 23:52
Last Modified: 15 Sep 2022 23:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item