Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smp Kelas Viii Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di Smpk Dharma Bakti St. Paulus Oelolok Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Ajaran 2016/2017

CEUNFIN, Anita (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smp Kelas Viii Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di Smpk Dharma Bakti St. Paulus Oelolok Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi di SMPK Dharma Bakti St. Paulus Oelolok adalah hasil belajar IPA Biologi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dalam diri siswa yang mengakibatkan siswa kurang antusias dan tidak bersemangat didalam proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang dapat mencegah permasalahan-permasalahan diatas, namun terhadap siswa SMPK Dharma Bakti St. Paulus Oelolok Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara, model pembelajaran tersebut perlu dibuktikan dengan melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi materi sistem pernapasan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPK Dharma Bakti St. Paulus Oelolok Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK Dharma Bakti St. Paulus Oelolok Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara yang mana jenis penelitiannya menggunakan pra eksperimen dengan desainnya adalah One Group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata perolehan nilai tes hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dari kisaran nilai 33,04 pada uji awal meningkat menjadi 86,739 pada uji akhir. Secara klasikal seluruh siswa kelas VIII dikatakan tuntas dengan pencapaian ketuntasannya 91,3% dan dari ketiga indikator pembelajaran yang ingin dicapai dengan proporsi ketuntasan indikator rata-ratanya mencapai 0,88. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa SMP kelas VIII materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMPK Dharma Bakti St. Paulus Oelolok Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Efektivitas, One group pretestpostest Design, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 15 Sep 2022 23:54
Last Modified: 15 Sep 2022 23:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item