Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ipa Smak Sint. Carolus Kupang Pada Materi Keanekaragaman Hayati

HEBOT, Vester Darlianto (2017) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ipa Smak Sint. Carolus Kupang Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (153kB)

Abstract

Dalam pembelajaran guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik, sehingga proses pembelajaran belum memenuhi standar proses sesuai yang diharapkan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik, peneliti menerapkan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMAK Sint. Carolus Kupang pada materi keanekaragaman hayati. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1dan kelas X IPA 2, dimana peserta didik kelas X IPA 2 diberikan perlakuan dengan menerapkan model Discovery Learning dan peserta didik kelas X IPA 1 diberikan perlakuan dengan menerapkan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group desain dan analisis data secara deskripstif dan inferensial. Data hasil belajar peserta didik berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada model Discovery Learning dan Problem Based Learning (sig. > 0,01), tidak ada perbedaan varian antar kelompok data sehingga data variabel terikat dinyatakan homogen (sig. > 0,05). Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan model Discovery Learning yaitu sebesar 43.48 meningkat menjadi 75.45. Sedangkan peserta didik yang mendapat perlakuan model Problem Based Learning rata-rata hasil belajar sebesar 39.54 dan sesudah diberi perlakuan meningkat menjadi 79.09. Hasil uji t paired sample t-test pada kelas Discovery Learning yakni thitung 17.825 > ttabel 2.035 dengan taraf signifikan 5%. Sedangkan peserta didik yang mendapat perlakuan model Problem Based Learning rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum diberi perlakuan sebesar 39.54 dan sesudah diberi perlakuan meningkat menjadi 79.09 . Dilihat juga dari hasil uji t paired sample t-test yakni thitung 25.867 > ttabel 2.035 dengan taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPA 2 SMAK Sint. Carolus Kupang pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, penerapan, model Discovery Learning, model Problem Based Learning, hasil belajar peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:20
Last Modified: 16 Sep 2022 00:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8878

Actions (login required)

View Item View Item