RANI, Matildis Loda (2017) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Angka Pada Siswa-Siswi Minat Vokal Kelas Viii Smp Negeri 10 Kupang Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Solfegio. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
Abstract
SMP Negeri 10 Kupang merupakan sebuah lembaga pendidikkan yang juga menerapkan pelajaran Seni Budaya dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga lembaga ini mempunyai kegiatan pengembangan bakat atau ekstrakurikuler di luar kegiatan utama belajar mengajar yang salah satunya adalah seni musik. Hal yang melatarbelakangi pentingnya penulisan ini adalah melatih siswa-siswi untuk bernyanyi dengan teknik yang baik dan benar serta mampu untuk membaca notasi baru pada lagu. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi angka pada siswa-siswi minat vokal kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang sebagai kegiatan ekstrakurikuler melaui metode solfegio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas metode solfegio sebagai upaya guru untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi angka pada siswa-siswsi minat voka kelas VIII SMP NEGERI 10 Kupang sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Seni Budaya dan siswa-siswi minat musik SMP Negeri 10 Kupang. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan penerapan metode solfegio dalam membaca notasi angka pada siswa-siswi minat vokal kelas VIII SMP Negeri 10 Kupang sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Studi lapangan berkaitan erat dengan data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode solfegio efektif yaitu dengan cara guru membantu meningkatkan kemampuan siswa-siswi mendengar Ear Training, membaca Sight Reading, dan menyanyikan nada Sight Singing. Peneliti mengukur kemampuan siswa dalam membaca notasi angka dengan menyanyikan melodi dan syair lagu Syukur Pada Tuhan, jumlah siswa dari proses latihan 15 orang, setelah pertemuan terkahir pementasan jumlah menjadi berkurang 11 orang karena 4 orang berhalangan. Dari 11 orang siswa yang mampu membaca dan menyanyikan notasi baru pada lagu syukur pada Tuhan berjumlah 10 orang atau 90% sedangkan yang kurang mampu membaca notasi dan memegang tempo yang tepat 1 orang atau 9,09% Peneliti mementaskan hasil penelitiannya dengan baik dan sesuai notasi pada partitur lagu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Solfegio, Membaca Notasi, Tangga nada, Siswa-siswi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature of music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 05:44 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 05:44 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8918 |
Actions (login required)
View Item |