RINDU, Aurelia Teresia L. (2017) Profil Penyesuaian Sosial Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Bagi Penyelenggaraan Bimbingan Pribadi-Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas Viii d Smp Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB I..pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (323kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah: a) Bagaimana profil penyesuaian sosial siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun pelajaran 2016/2017? b) Apa implikasinya bagi penyelenggaraan bimbingan pribadi-sosial pada siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: a) untuk mengetahui profil penyesuaian sosial siswa kelas VIII D di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017? b) untuk mengetahui implikasinya bagi penyelenggaraan bimbingan pribadi-sosial pada siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun pelajaran 2016/2017? Hasil analisis data penelitian tentang profil penyesuaian sosial siswa/i SMP Negeri 4 Kupang kelas VIII D tahun pelajaran 2016/2017 menunjukkan nilai µ minimal 164 dan nilai π maksimal 168. Rata-rata populasinya 164+168=332/2 = 166, berada pada kriteria 164 – 200. Dengan demikian profil penyesuaian sosial siswa kelas VIIID di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017 termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak yang terkait yaitu 1) Bagi Kepala Sekolah: diharapkan tetap mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dengan semua pihak sekolah dalam membuat rancangan program bimbingan pribadi sosial di sekolah untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa. 2) Bagi Guru BK: diharapkan untuk meningkatkan kerja sama yang baik dengan wali kelas dan guru mata pelajaran agar dapat memperoleh dan mendapatkan informasi tentang siswa-siswi yang mengalami masalah untuk di tindak lanjuti dalam bimbingan pribadi sosial. 3) Bagi Guru mata pelajaran: diharapkan untuk mendukung bimbingan pribadi sosial agar berjalan baik demi kepentingan siswa-siswi. 4) Bagi Siswa: diharapkan untuk memanfaatkan layanan bimbingan konseling yang disediakan di sekolah sehingga dapat mencegah masalah-masalah pribadi-sosial dan meningkatkan penyesuaian sosial di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 05:48 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 05:48 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8921 |
Actions (login required)
View Item |