Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar Di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Negeri Metamauk Kabupaten Malaka (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas Viii A Smp Negeri Metamauk Tahun Pelajaran 2016/2017)

TAHAN, Maria Magdalena (2017) Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar Di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Negeri Metamauk Kabupaten Malaka (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas Viii A Smp Negeri Metamauk Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (481kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Judul Skripsi: Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar siswa (studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas VIII A SMP Negeri Metamauk kabupaten Malaka Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri Metamauk kabupaten Malaka Tahun Pelajaran 2016/2017”? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri Metamauk kabupaten Malaka Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpul data adalah wawancara tertulis dan alat pengumpulan data berupa angket. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) pemanfaatan fasilitas belajar siswa dan variabel terikat (Y) motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus Regresi Sederhana. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 9,491hasil ini dikonsultasikan dengan nilai FtabelRegresi Sederhana pada taraf signifikansi 0,05 dan db/df=N-2 diperoleh Ftabel = 1,235. Hasil perhitungannyamenunjukkan (Fhitung>Ftabel) 9,491 > 1,235. Artinya pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah mempengaruhi motivasi belajar siswa, atau motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah. Dengan demikian, hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri Metamauk kabupaten Malaka Tahun Pelajaran 2016/2017 . Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah sebagai pemimpin dalam lembaga sekolah agar dapat meningkatkan kerjasama dengan seluruh personil sekolah untukmemanfaatkan fasilitas belajar di sekolah agar motivasi belajar siswa dapat meningkat. b) Guru Mata Pelajaran sebagai tenaga pendidik agar dapat memaksimalkan pemanfaatan fasilitas belajar sehingga siswa termotivasi untuk belajar. c) Guru BK agar dapat meningkatkan kerjasama yang baik dengan kepala sekolah, orang tua, para guru dan personil sekolah lainnya untuk memberikan bimbingan kepada siswa agar dapat memanfaatkan fasilitas belajar dengan baik sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. d) Siswa diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan fasilitas belajar sekolah sehingga lebih termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:49
Last Modified: 16 Sep 2022 05:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8929

Actions (login required)

View Item View Item