Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrokarbon Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas X Mia Smas Kristen Tarus Tengah Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

MOHON, Helena Velinsiana Apri (2017) Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrokarbon Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas X Mia Smas Kristen Tarus Tengah Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1. HALAMAN AWAL.pdf

Download (430kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (98kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri merupakan salah satu pendekatan yang bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, kritis dan logis atau mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental. Pendekatan inkuiri dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik mampumenemukan masalah sendiri, merumuskan masaalah,membuat hipotesis,mampu mengumpulkan data dan melakukan penelitian seta mengelolah data dan mengambil keputusan. Masaalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemampuan keruangan peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana sikap ilmiah peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Inkuiri terbimbimbing terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Untuk mengetahui kemampuan keruangan peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/ 2018 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan Inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X MIA SMAS KRISTEN TARUS TENGAH Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS kristen tarus tengah kupang termasuk dalam kategori sangat unggul dengan nilai rata-rata TPA kemampuan keruangan sebesar 83.40 Sikap ilmiah peserta didik kelas X SMAS kristen tarus tengah kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 87.45 (4) Adanya hubungan antara kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Kristen Tarus Tengah Kupang yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,643845 (5) Adanya pengaruh antara kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS kristen tarus tengah Kupang tahun ajaran 2016/2017, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ẏ = a + b1XI + b2Xt2 = 77,6411 + 0,1065X1 + 0,01029 X2 Persamaan ini kemudian di uji dengan menggunakan rumus Fhitung dan diperoleh nilai Fhitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Keruangan, Sikap Ilmiah, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Sep 2022 23:51
Last Modified: 20 Sep 2022 23:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9064

Actions (login required)

View Item View Item