Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Gaya Kognitif Pada Materi Pokok Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Xi Ipa 1-3 Sman 7 Kupang Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

ECI, Rofina (2017) Komparasi Hasil Belajar Siswa Pada Berbagai Gaya Kognitif Pada Materi Pokok Koloid Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas Xi Ipa 1-3 Sman 7 Kupang Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
file 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
file 2.pdf

Download (37kB)
[img] Text
file 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
file 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
file 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
file 6.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitia ini dilatar belakangi oleh fakta empirirk dalam proses belajar menegajar maupun hasil observasi yang dilakuakan oleh peneliti di SMAN 7 Kupang. Rendahnya hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah gaya kognitif yang dimiliki siswa. Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing adalah proses pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara logis dan analitis. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1).Efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid siswa kelas XI IPA 1 dan 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 016/2017. Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi koloid siswa kelas XI IPA 1 dan 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017, Ketuntasan indikator dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi koloid siswa kelas XI IPA 1 dan 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017, Ketuntasan Hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi koloid siswa kelas XI IPA 1 dan 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui gaya kognitif siswa kelas XI IPA 1-3 SMA Negeri 7 Kupang. (3). Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang sisgnifikan antara gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid Siswa kelas XI IPA 1-3 SMAN 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif, Komparatif. Populasi dan sampelnya yaitu seluruh siswa kelas XI IPA 1-3 SMA Negeri 7 Kupang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing, lembar pengamatan kemampuan psikomotor siswa, lembar sikap spiritual siswa, lembar sikap sosial siswa, Tes Hasil Belajar (THB), lembar aspek psikomotor, tes kemampuan penalaran formal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,67 dan 3,72. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing adalah tuntas dengan rincian untuk keempat aspek: (a) aspek sikap spiritual dengan skor rata–rata 85,95 (b) aspek sikap sosial dengan skor rata-rata 81,57 (c) aspek kognitif tuntas dengan skor 80,09 (d) aspek psikomotor tuntas dengan skor 82,53. 2). Gaya kognitif siswa kelas XI IPA 1-3 SMA Negeri 7 Kupang tahun ajaran 2016/2017 semuanya telah mencapai gaya kognitif FI. Berdasarkan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahawa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada berbagai gaya kognitif dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok koloid siswa kelas XI IPA 1-3 SMA N 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan harga Thitung> Ttabel atau 2,96 > 2,0.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya kognitif, Pendekatan inkuiri terbimbing dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:25
Last Modified: 21 Sep 2022 00:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9132

Actions (login required)

View Item View Item