Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

TAEK, Agustina Iba (2014) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bidang kehidupan yang mendapat tempat terdepan dan terutama dalam kehidupan manusia sehingga dapat melahirkan manusia yang berkualitas dalam membangun manusia seutuhnya dan juga suatu proses untuk mengembangkan semua aspek kepribadian manusia, yang mencakup pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilannya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Beringin Kupang Pada Bulan Maret 2014, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan observasi, Hasil tesnya di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan belajar siswa perindividu adalah 80% (tuntas) dan secara klasikal kelas VII dikatakan tuntas dengan pencapaian ketuntasannya 100% (tuntas). Rata-rata proporsi indikator adalah 0,79% (tuntas), dan sensitivitas butir soal adalah 0,67≥0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa adalah 99,95% (baik), skor rata-rata guru dalam mengelola pembelajaran relabilitasnya 99,97% (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa SMP kelas VII materi pokok ekosistem di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Uji, Efektivitas, model pembelajaran kooperatif, pendekatan Student Teams Achievement Division, hasil belajar siswa, materi pokok ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:07
Last Modified: 29 Sep 2022 00:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item