Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

TE’A, Dominika Imelda (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Pendidikan mampu menciptakan manusia yang berintelektual dan berkualitas. Pendidikan yang berkualitas sangat di perlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas. Oleh karena itu, sudah seharusnya paradigma pendidikan kita yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada siswa (student centered). Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengubah pendidikan kita ini adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw merupakan suatu pembelajaran yang menekankan pada aspek sosial yang menggunakan kelompok-kelompok kecil dan dibagi dalam 4-6 siswa. Inti dari pembelajaran kooperetif pendekatan jigsaw terdapat kelompok ahli dan kelompok asal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA materi pokok sistem pernapasan pada manusia Di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil penelitiannya adalah: (1) Hasil belajar siswa mencapai rata-rata 87,2% (2) Ketuntasan klasikal 92% (3) Proporsi indikator rata-rata 0,85 (4) Senstiivitas butir soal 0,45 (5) reliabilitas instrumen pengelolaan pembelajaran guru baik dengan skor rata-rata 99,57% (6) Aktivitas siswa yang terjadi pada aktivitas menulis jawaban pada LKS/berdiskusi dengan teman dalam kelompok ahli yaitu 21,1 (7) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 94,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw, Sistem Pernapasan Pada Manusia, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:12
Last Modified: 29 Sep 2022 00:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9492

Actions (login required)

View Item View Item