Pengaruh Keterampilan Proses Dan Kreativitas Non Aptitude Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Termokimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X1 Ipa 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

SAMADARA, Yansie E. (2017) Pengaruh Keterampilan Proses Dan Kreativitas Non Aptitude Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Termokimia Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X1 Ipa 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrac.pdf

Download (787kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
BAb 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (425kB)

Abstract

Ketrampilan Proses adalah cara-cara yang ditempuh orang untuk mendapatkan pengetahuan tentang alam ini termasuk proses diantaranya adalah melakukan perencanaan, menyusun model, mengambil kesimpulan, dan lain-lain. Kreativitas Non Aptitude adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya baru (inovatif, menarik), berguna (lebih praktis, memecahkan masalah), dan dapat dimengerti. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas pendekatan dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing. (2) untuk mengetahui kemampuan Ketrampilan Proses siswa kelas XI IPA 1 Stahun ajaran 2016/2017, (3) untuk mengetahui Kreativitas Non Apptitude siswa kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017, (4) .(a) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan Ketrampilan Proses dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017. (b) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara Kreativitas Non Aptitude dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi termokimia kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017. (c) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan Ketrampilan Proses dan Kreativitas Non Apptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia kelas XI IPA I SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017. (5) (a) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan Ketrampilan Proses dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017. (b) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara Kreativitas Non Aptitude dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017.(c) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan Ketrampilan Proses dan Kreativitas Non Aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian deskriptif-asosiatif. Populasi siswa kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampelnya siswa kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif dalam proses pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok termokimia, yang ditunjukan dengan: (a) Guru mampu mengelola pendekatan dengan baik dengan skor 3,89, (b) Indikator hasil belajar tuntas yang ditunjukan dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 1, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,82, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,91, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,86, ketuntasan indikator kognitif 0,88, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor 0,88, THB proses sebesar 0,90, presentase sebesar 0,88, dan portofolio sebesar 0,93. (c) Hasil belajar tuntas dengan ketuntasan hasil KI–1 92, KI–2 89, KI–3 87, KI– 4 88, dan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 89. (2) Kemampuan Ketrampilan Proses siswa kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang sangat baik dengan nilai sebesar 84 (3) Kreativitas Non Aptitude siswa kelas XI IPA 1 SMA Ki Hajar Dewantara Kupang tinggi dengan nilai sebesar (80%) (4) (a) Ada hubungan yang signifikan antara Keterampilan Proses terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,55 dan nilai koefisien determinansi (D) = 30,25%, serta nilai thitung ≥ ttabel atau 3,22 ≥ 2.064. (b) Ada hubungan yang signifikan antara Kreativitas Non Aptitude terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,48 dan nilai koefisien determinansi (D) = 23,04%, serta nilai thitung ≥ ttabel atau 2,68≥ 2.064. (c) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan Ketrampilan Proses dan Kreativitas Non Aptitude terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai korelasi (rx1x2y) = 0,63 dan nilai koefisien determinansi (D) = 39,69%, serta nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 7,63 ≥ 3,42. (5) (a) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan Ketrampilan Proses terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 64,79 + 0,3x dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 9,59≥ 4,26. (b) Ada pengaruh yang signifiakan antara Kreativitas Non Aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing yang diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 64,78 + 0,3x dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 6,67 ≥ 4,26. (c) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan Ketrampilan Proses dan Kreativitas Non Aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing diterangkan oleh persamaan regresinya Y = 54,45 + 0,21(x1) + 0,22 (x2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 6,14 ≥ 3,42.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Ketrampilan Proses, Kreativitas Non Aptitude, Hasil Belajar, Pendekatan inkuiri terbimbing, dan Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:02
Last Modified: 10 Oct 2022 00:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9499

Actions (login required)

View Item View Item