Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Kupang Pada Materi Pokok Ekosistem Tahun Ajaran 2013/2014

SERAN, Maria Yenitriana L. (2014) Efektivitas Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Kupang Pada Materi Pokok Ekosistem Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (534kB)

Abstract

Masalah pokok pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi belajar peta konsep dalam model pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kupang pada materi pokok ekosistem Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi belajar peta konsep dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kupang pada materi pokok ekosistem Tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII B. Jenis penelitian ini peneliti menggunakan metode pra eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan hasil belajar siswa perindividu 78,64 (tuntas) dan secara klasikal, 81,82 (tuntas). Rerata indikator 0,86 (tuntas), dan 0,45 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 83,69% (baik), skor rarata guru dalam mengelola pembelajaran 3,51 (baik), dan reliabilitas instrumennya 90,90% (baik). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar peta konsep dalam model pembelajaran langsung efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kupang pada materi pokok ekosistem tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, strategi belajar peta konsep, model pembelajaran langsung, hasil belajar, ekosistem.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:30
Last Modified: 21 Oct 2022 05:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item View Item