Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams–Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

TAUNU, Marlina Hana (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams–Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)

Abstract

Masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari rerata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan karena kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan belum menyentuh ranah dimensi peserta didik itu sendiri, yaitu bagaimana sebenarnya belajar itu (belajar untuk belajar).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Beringin Kupang. Dengan desain penelitiannya One Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes, serta data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 84,41 (tuntas) dan secara klasikal 94,12 (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,85 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,46 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 92,79 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,59 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99, 01 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division, Materi Pokok Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:31
Last Modified: 21 Oct 2022 05:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9606

Actions (login required)

View Item View Item