Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal Dan Ketelitian Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017

NAIHATI, Sebastianus (2017) Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal Dan Ketelitian Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Scientific Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
cover 2.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB I TY.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II TY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III TY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB IV TY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB V TY.pdf

Download (299kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific pada dasarnya memberi pengalaman kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan metode ilmiah secara mandiri. Prosedur ini mendorong peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, baik itu mengenai konsep-konsep maupun prinsip-prinsip. Guru mendorong peserta didik agar terlibat dalam pembelajaran yang memberikan pengalaman sehingga peserta didik menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan penalaran formal siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana ketelitian siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan penalaran formal dan ketelitian siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (5) Adakah pengaruh penalaran formal dan ketelitian siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan scientific materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran formal siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mengetahui ketelitian siswa kelas XI MIA 4 SMA negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (4) Untuk mengetahui hubungan kemampuan penalaran formal dan ketelitian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (5) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran formal dan Ketelitian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan scientific efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Kemampuan penalaran siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang berada pada awal formal dengan nilai rata-rata TKPF sebesar 41,11 (3) Ketelitian siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang berada pada kategori sangat istimewa dengan skor rata-rata tes ketelitian sebesar 92,63 atau nilai tes ketelitian 755,5556 (4) Ada hubungan antara kemampuan penalaran formal dan Ketelitian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,55 (5) Ada pengaruh antara kemampuan penalaran formal dan Ketelitian terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok larutan penyangga pada siswa XI MIA 4 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:42
Last Modified: 11 Nov 2022 06:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item