Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Sebagai Motivator Dalam Mempromosikan Produk Tenun Ikat Masyarakat di Desa Rindi Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur

HANGARAP, Louis Wardyanto (2016) Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Sebagai Motivator Dalam Mempromosikan Produk Tenun Ikat Masyarakat di Desa Rindi Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Peranan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sebagai Motivator Dalam Mempromosikan Produk Tenun Ikat Masyarakat di Desa Rindi Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai motivator dalam mempromosikan produk Tenun Ikat masyarakat di Desa Rindi Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur? Dengan tujuan untuk menggambarkan peranan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai motivator dalam mempromosikan produk Tenun Ikat masyarakat di Desa Rindi Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur. Kegunaan teoritis dari penelitian ini adalah agar hasil penelitian diharapkan bermanfaat dan menambah pengetahuan serta kepustakaan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, berkaitan dengan peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai motivator dalam mempromosikan produk kain tenun ikat, kegunaan praktis sebagai bahan masukan dan pemikiran bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk menentukan langkah strategis dalam meningkatkan promosi produk kain tenun ikat masyarakat Desa Rindi Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ditemukan dilapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan teknik pemilihan informan maka informan kunci pada penelitian ini adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kasubag Promosi dan Pemasaran, Kepala Desa Rindi, Tokoh Masyarakat, dan Pengrajin tenun ikat. Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai motivator yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu berupa motivasi yang berkaitan dengan upaya-upaya untuk menggerakkan pengrajin tenun ikat yang dilihat dari dua aspek yakni (1) Aspek pembinaan dengan indikator perencanaan, pengarahan, dan pengawasan serta pengendalian. (2) Aspek bimbingan dan penyuluhan dengan indikatornya kegiatan publikasi, promosi, diklat dan magang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai motivator dalam mempromosikan produk kain tenun ikat masyarakat Desa Rindi dilihat dari aspek pembinaan, bimbingan dan penyuluhan belum direalisasikan dengan baik kepada pengrajin kain tenun ikat, kurangnya suatu perencanaan yang terprogram dan berkesinambungan dimana pengembangan promosi produk kain tenun masih bersifat moment, pengarahan dan pendekatan masih melalui langkah pertemuan-pertemuan dan rapat-rapat khusus pengrajin tenun ikat yang masih aktif, tidak adanya diklat ataupun magang untuk meningkatkan keahlihan dan kreaktifitas pengrajin tenun ikat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai motivator dalam mempromosikan produk kain tenun ikat masyarakat Desa Rindi Kecamatan Rindi Kabupaten Sumba Timur masih sangat rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata, Motivator, Promosi, Produk Tenun Ikat, Rindi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 08:01
Last Modified: 16 Nov 2022 08:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item