Pengaruh Keterlibatan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Manajemen Waktu Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)

MALI, Theodora Sonia (2017) Pengaruh Keterlibatan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Manajemen Waktu Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah: “Pengaruh Keterlibatan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Manajemen Waktu Belajar (Studi Deskriptif kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara tertulis dan alat pengumpul data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap manajemen waktu belajar pada siswa kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Regresi Linear Sederhana yaitu f-hitung > f-tabel (3,507 > 3,34) pada taraf signifikansi 5 % dan db,N-2. Dengan demikian hasil penelitian menolak hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada pengaruh keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada pengaruh keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas XI MIPA1 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada 1). Kepala Sekolah hendaknya bekerjasama dengan konselor, guru/wali kelas untuk selalu memperhatikan program kegiatan ekstrakurikuler di sekolah agar siswa dapat mengatur waktu belajarnya dengan baik. 2). Wali kelas hendaknya dapat mengatur jadwal kegiatan ekstrakurikuler secara baik, sehingga siswa dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mengatur waktu belajarnya dengan baik. 3). Konselor dapat melakukan pembimbingan dan pendampingan bagi para siswa sehingga dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan membagi waktu belajar dengan teratur. 4). Siswa dapat mengelolah waktu belajar dengan baik dan dapat terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler pada sore hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 23:47
Last Modified: 16 Nov 2022 23:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item View Item