Pengaruhminat Dan Hasil Belajar Proses Terhadap Prestasi Belajar Kimiapada Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Nangapanda Tahun Ajaran 2013/2014

BAJO, Kosmas (2013) Pengaruhminat Dan Hasil Belajar Proses Terhadap Prestasi Belajar Kimiapada Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Nangapanda Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (954kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan yang kurang memungkinkan dan sangat mempengaruhui terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia yang mengalami penurunan. Pencapaian prestasi belajar tersebut selain dipengaruhi oleh kondisi sekolah, minat belajar serta model atau pendekatan yang digunakan oleh para pendidik. Masalah yang diangakat penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas penerapan pendekatan keterampilan proses materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Nangapanda tahun ajaran 2013/2014?. (2) Bagaimana pengaruh minat dan hasil belajar proses materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Nangapanda tahun ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan keterampilan Proses materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Nangapanda tahun ajaran 2013/2014. (2) Untuk mengetahui minat dan hasil belajar proses materi pokok termokimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Nangapanda tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan komparatif. Penelitian ini di laksanakan pada awal bulan oktober tahun ajaran 2013 / 2014. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Nangapanda. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 21 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi variable penelitian meliputi dua variable bebas yaitu X1 (minat belajar siswa) dan X2 ( hasil belajar proses) dan satu variable terikat Y (prestasi belajar siswa). Dari analisis dapat diperoleh hasil : (1) Penerapan pendekatan keterampilan proses efektif untuk meningkatkan prestasi belajar materi pokok termokimia SMA Negeri 1 Nangapanda. Secara terperinci dapat disimpulkan sebagai berikut: a. Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,68. b. Ketuntasan indicator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan adalah tuntas dan ketuntasannya terdiri dari 3 aspek: Aspek Kognitif semua siswa dikatakan tuntas karena rata-rata proporsi jawaban yang diperoleh siswa ≥ 70% yaitu sebesar 79%, Aspek Psikomoto rsemua siswa dikatakan tuntas karena rata-rata proporsi jawaban yang diperoleh siswa ≥ 70% yaitu sebesar 87,5%, Aspek Afektif Pada indicator aspek afektif semua siswa dikatakan tuntas karena rata-rata proporsi jawaban yang diperoleh siswa ≥ 70% yaitu sebesar 84,43%. Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses adalah tuntas dan ketuntasanya terdiri dari 3 aspek: Aspek kognitif semua siswa dikatakan tuntas belajarnya karena rata-rata proporsi jawaban benar siswa adalah ≥ 70% yaitu sebesar 83,38%. Pada aspek psikomotor semua siswa dikatakan tuntas belajarnya karena ratarata proporsi siswa adalah ≥ 70% yaitu sebesar 83,33%. Pada aspek afektif semua siswa dikatakan tuntas belajarnya karena rata-rata proporsi jawaban benar siswa adalah ≥ 70% yaitu sebesar 84,47%. C. Ketuntasan Hasil Balajar Proses yang menerapkan pendekatan keterampilan proses semua siswa dikatakan tuntas belajarnya karena rata-rata proporsi ≥ 75% yaitu sebesar 75 %. d. Minat siswa pembelajaran yang menerapkan pendekatan keterampilan proses berada pada criteria interprestasi skor dengan rata-rata 82,23%. Artinya berada pada criteria dan sangat kuat. (2). Pendekatan keterampilan proses berpengaruh terhadap prestasi belajar kimia SMA Negeri 1 Nangapanda yakni: Minat siswa mempunyai pengaruh yang berarti terhadap prestasi belajar kimia dengan besar sumbangan relative adalah 5,3 %, Hasil belajar proses mempunyai pengaruh yang berarti terhadap prestasi belajar kimia dengan besar sumbangan relative adalah 84,6 %, Minat siswa dan hasil belajar proses secara bersamasama mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar kimia dengan besar sumbangan relative adalah 51,6 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan hasil belajar proses yang menerapkan pendekatan keterampilan proses efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 01 Dec 2022 05:42
Last Modified: 01 Dec 2022 05:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item View Item