Upaya Meningkatkan Kemampuan Mendireksi Birama 2/4 Dalam Lagu “Hari Merdeka Ciptaan, H. Mutahar” Dengan Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa–Siswi Minat Direksi Kelas XI SMA Katolik Sint Carolus Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler

DONI, Gregorius Ola (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mendireksi Birama 2/4 Dalam Lagu “Hari Merdeka Ciptaan, H. Mutahar” Dengan Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa–Siswi Minat Direksi Kelas XI SMA Katolik Sint Carolus Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)

Abstract

Judul penelitian “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mendireksi Birama 2/4 Dalam Lagu Hari Merdeka Ciptaan, H. Mutahar Dengan Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa–Siswi Minat Direksi Kelas XI SMA Katolik Sint Carolus Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana upaya meningkatkan kemampuan mendireksi birama 2/4 dalam lagu Hari Merdeka melalui metode imitasi dan drill pada siswa–siswi kelas XI SMA Katolik Sint Carolus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya–upaya dalam meningkatkan kemampuan mendireksi birama 2/4 dalam lagu Hari Merdeka pada siswa–siswi kelas XI minat direksi SMA Katolik Sint Carolus melalui metode imitasi dan drill. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode yang digunakan yakni tindakan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya meningkatkan kemampuan mendireksi birama 2/4 dalam lagu Hari Merdeka pada siswa–siswi SMA Katolik Sint Carolus ditempuh melalui tahap–tahap latihan yang dimulai dengan merekrut siswa–siswi kelas XI yang berminat dalam mendireksi namun belum memahami teknik–teknik yang baik dan benar yakni: teknik aba–aba mulai dari sikap badan, posisi kaki dan tangan, gerak pendahuluan, insetting dan gerakan penutup khususnya dalam birama 2/4; memperkenalkan lagu Hari merdeka agar lebih dipahami; menguji para peserta untuk mengetahui kekurangan mereka dalam hal membirama; memberikan pemahaman mengenai teknik–teknik mendireksi; melatih teknik aba–aba berbirama 2/4 mulai dari sikap badan, posisi kaki dan tangan, gerakan pendahuluan, insetting, gerakan atau tanda mengakhiri lagu, serta menangani berbagai kesulitan yang dialami oleh siswa–siswi dengan cara dibimbing secara individual yang dilakukan dengan memberikan contoh setelah itu siswa–siswi meniru dan dilakukan secara berulang–ulang sampai mereka benar–benar menguasai teknik mendireksi birama 2/4 pada lagu Hari Merdeka secara baik. Metode imitasi dan drill sangat efektif untuk membentuk dan meningkatkan kemampuan siswa–siswi dalam mendireksi lagu jika dilaksanakan secara terencana dan dalam mengawali proses yang tekun dan cermat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mendireksi, Birama 2/4, Metode Imitasi dan Drill, Siswa–Siswi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Dec 2022 00:43
Last Modified: 19 Dec 2022 00:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item View Item