Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Jamur Di SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

SNAIT, Yeni Susana (2016) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Jamur Di SMA Kristen 1 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama siswa dalam kelompok kecil yang saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini di terapkan pada materi pokok jamur. Masalah pokok pada penelitian ini adalah pelajaran biologi masih di dominasi oleh guru yang belum optimal mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X pada materi pokok jamur di SMA Kristen 1 Kupang Tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Kristen 1 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra Eksperimen, dengan desain penelitian one grup pretes-postess design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menunjukkan rata-rata ketuntasan per individu 82,25 dan secara klasikal 90 %. Rata-rata ketuntasan proporsi indikator 0,82 dan sensitivitas butir soal 0,42 ≥ 0, 30 (sensitif), sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrument aktivitas 89,98 % (reliabel), skor rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 3,33 (baik), dan reliabilitas instrumenya 96,24 % (reliabel). Dari hasil penelitian diatas dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok jamur di SMA Kristen I Kupang Tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together, Materi pokok Jamur, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:49
Last Modified: 15 Feb 2023 04:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11513

Actions (login required)

View Item View Item