SAKA, Andini Fransiska Dhapa (2017) Profil Pengendalian Diri Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (933kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (419kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (353kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (80kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah a). Bagaimana profil pengendalian diri siswa SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017?, b)Bagaimana implikasi profil pengendalian diri siswa bagi program bimbingan pribadi siswa?. Tujuan penelitian ini a). Untuk mengetahui profil pengendalian diri siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 b). Untuk mengetahui implikasinya bagi program bimbingan pribadi. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis dengan menggunakan angket. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Sampel uji coba adalah siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 7 Kupang yang berjumlah 30 orang. Alat pengumpul data berupa angket, uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus korelasi product moment pada taraf kepercayaan 99 % dan teknik analisis data menggunakan rumus kecenderungan pusat. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang menggunakan rumus kecenderungan maka dapat diinterpretasikan bahwa siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 memiliki pengendalian diri yang kuat. Dengan demikian profil pengendalian diri siswa kelas XI IPS2 pada SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 berada pada kategori baik karena siswa kelas XI IPS2 pada SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 mampu untuk menafsirkan peristiwa atau kejadian, mampu mengontrol perilaku, mampu mengantisipasi suatu peristiwa atau kejadian dan mampu mengambil keputusan. Berdasarkan interpretasi hasil analisis data penelitian sebagaimana yang telah diuraikan maka peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak yang terkait: a) Kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling yang sudah ada di sekolah agar semakin menjadi lebih baik. Mempertahankan dan meningkatkan kerja sama yang baik dengan wali kelas, guru mata pelajaran, konselor sekolah untuk selalu memperhatikan masalah pengendalian diri peserta didik. b) Guru BK hendaknya menjalin kerja sama yang baik dengan wali kelas dan guru mata pelajaran untuk mendapatkan informasi tentang siswa-siswi yang mengalami masalah untuk di tindak lanjuti dalam program bimbingan pribadi sehingga siswa dapat mengendalikan diri dengan baik. c) Guru mata pelajaran hendaknya lebih memahami siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas sehingga dapat tercipta suasana kelas yang baik dan mendukung program bimbingan pribadi agar berjalan baik demi kepentingan siswa-siswi. d) siswa diharapkan untuk memanfaatkan layanan bimbingan pribadi yang ada di sekolah sebagai sarana untuk mengenal dan mengendalikan diri
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Andreas M. Pati |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 03:22 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 03:22 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1153 |
Actions (login required)
View Item |