Peran Inspektorat Dalam Pengawasan Dana Desa Di Kabupaten Malaka

SERAN, Damiana Yosefina (2023) Peran Inspektorat Dalam Pengawasan Dana Desa Di Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (325kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan peran Inspektorat dalam pengawasan dana desa di Kabupaten Malaka? (2) Faktor-faktor apa yang menyebabkan belum optimalnya penerapan peran Inspektorat terhadap dana desa di Kabupaten Malaka? Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi,dokumentasi, kualitatif, dan kuantitatif dengan metode analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Inspektorat Kabupaten Malaka telah menjalankan perannya sebagai auditor internal dalam pengawasan dana desa yaitu peran sebagai pengawas, peran sebagai konsultan, dan peran sebagai katalisator, tetapi Inspektorat Kabupaten Malaka belum semua desa dilakukan pengawasan karena kurangnya tenaga kerja auditor. Dari pelaksanaan ketiga peran tersebut yaitu untuk menjalankan perannya sebagai pengawas Inspektorat membuat Program kerja Pengawasan Tahunan, dan untuk menjalankan perannya sebagai konsultan Inspektorat membuka klinik konsultasi, serta untuk menjalankan perannya sebagai katalisator Inspektorat menjadi narasumber bagi desa dalam pengelolaan dana desa. Adapun saran, (1) Inspektorat Kabupaten Malaka perlu menambahkan fasilitas transportasi berupa kendaraan roda empat, sehingga dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan pengawasan. (2) Perlu adanya anggaran khusus yang diberikan dari Pemerintah Daerah untuk menunjang pelaksanaan pengawasan terhadap dana desa yang dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten Malaka.(3) Inspektorat Kabupaten Malaka perluh menambahkan jumlah anggota pada setiap pengawas. Agar pemeriksaan dapat berjalan secara menyeluruh, mengingat waktu pemeriksaan yang singkat dan jumlah desa yang banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Inspektorat, Peran Inspektorat Sebagai Pengawas, Peran Inspektorat Sebagai Konsultan, Peran Inspektorat Sebagai Katalisator, dan Pengelolaan Dana Desa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Damiana Yosefina Seran
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:09
Last Modified: 23 Feb 2023 06:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item