TELLU, Nyongki Aleksander (2021) Evektivitas Penggunaan Teknik Desensitisasi Sistematis Melalui Bimbingan Kelompok untuk Pengurangan Kecemasan Sosial Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (491kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (123kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (310kB) |
Abstract
Judul skripsi: Efektivitas penggunaan teknik desensitisasi sistematsi melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa. Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah: 1) mengapa teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok digunakan untuk mengurangi kecemasan sosial siswa? 2) bagaimana prosedur penggunaan teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa? dan 3) apakah penggunaan teknik tesensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi kecemasan sosial siswa? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) alasan penggunaan teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa. 2) Prosedur penggunaan teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa. 3) Efektivitas penggunaan teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan objek kajian adalah teknik desensitisasi sistematis, bimbingan kelompok dan kecemasan sosial siswa. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil pembahasan sebagai berikut; teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok digunakan untuk mengurangi kecemasan sosial siswa karena melalui teknik desensitisasi sistematis, siswa dilatih untuk mengurangi kecemasan dengan cara menghadapkan siswa secara bertahap pada kecemasan yang sedang dialami dan memberikan respon yang beralawan atas stimulus berupa bayangan-bayangan pengalaman yang mencemaskan serta menghapus perilaku yang diperkuat secara negatif. Prosedur penggunaan teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa dilaksanakan melalui empat tahap bimbingan kelompok yaitu tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran. Pada tahap kegiatan dilaksanakan teknik desensitisasi sistematis melalui langkah, menganalisis tingkah laku yang menimbulkan kecemasan, menyusun hirarki kecemasan, memberikan latihan relaksasi otot, siswa membayangkan situasi yang menyenangkan, siswa diarahkan untuk memejamkan mata dan membayangkan situasi yang mencemaskan, dan siswa diminta untuk membayangkan situasi yang menyenangkan apabila muncul stimulus kecemasan. Penggunaan teknik desensitisasi sitematis melalui bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi kecemasan sosial siswa, dibuktikan dengan artikel hasil penelitian Husin (2017), Sugiantoro (2018), Lestari, dkk. (2018), Erwin dan Triadara (2017). Berdasarkan hasil kajian di atas, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) guru bimbingan dan konseling diharapkan agar dapat menambah pengetahuan, pemahaman dan wawasan mengenai penggunaan teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa. 2) peneliti diharapkan agar dapat menambah pengetahuan, pemahaman serta keterampilan dalam menerapkan teknik desensitisasi sistematis melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 07:59 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 07:59 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11960 |
Actions (login required)
View Item |