Efektivitas Penerapan Strategi Self Monitoring Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

BERNAT, Ludgardis Florentina (2019) Efektivitas Penerapan Strategi Self Monitoring Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Skripsi BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
skripsi BAB II.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Skripsi BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Skripsi BAB IV.pdf

Download (543kB)
[img] Text
Skripsi BAB V.pdf

Download (12kB)

Abstract

Judul skripsi : Penerapan strategi self monitoring melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. (Studi Deskriptif Kuantitatif pada siswa-siswi kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi self monitoring melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi self monitoring melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pengumpul data (angket tanggung jawab belajar) dan instrumen perlakuan (pedoman penerapan strategi self monitoring). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dependen t-test. Hasil analisis data penelitian menunjukkan t hitung sebesar 12,458 dan t tabel sebesar 4,032, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tanggung jawab belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan dengan penerapan strategi self monitoring melalui bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK maupun guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan - kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan strategi self monitoring agar dapat membantu siswa meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. 2) Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan strategi self monitoring untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. 3) Guru mata pelajaran diharapkan agar meningkatkan kerjasama dengan guru BK melalui pemberian informasi tentang siswa yang tanggung jawab belajarnya rendah untuk dibimbing atau ditindaklanjuti dengan layanan bimbingan kelompok dengan strategi self monitoring untuk meningkatkan tanggung jawab belajar. 4) Siswa agar secara sadar memanfaatkan setiap layanan bimbingan dan konseling dengan strategi self monitoring yang diberikan sehingga dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:45
Last Modified: 21 Jan 2020 03:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item