Optimalisasi Pengaturan Arus Lalu Lintas Pada Persimpangan (Lokasi Studi Simpang Tiga Tak Bersinyal Jalan Timor Raya Km 28 Oesao – Jalan Jurusan Oekabiti Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang)

SUKA, Marianus Yohanes (2019) Optimalisasi Pengaturan Arus Lalu Lintas Pada Persimpangan (Lokasi Studi Simpang Tiga Tak Bersinyal Jalan Timor Raya Km 28 Oesao – Jalan Jurusan Oekabiti Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (81kB)

Abstract

Persimpangan adalah salah satu bagian jalan yang merupakan daerah terjadinya konflik lalu lintas. Adanya konflik ini akan mengakibatkan gangguan pada pergerakan kendaraan, yang akhirnya menimbulkan tundaan dan antrian kendaraan yang panjang. Keadaan ini umumnya dikenal dengan kemacetan arus lalu lintas. Melihat adanya konflik yang terjadi di simpang tiga jalan Timor Raya km 28 Oesao – jalan jurusan Oekabiti Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, maka dilakukan analisis kinerja simpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang tiga tak bersinyal pada saat ini dan mencari solusi pengaturan arus lalu lintas untuk menaikan kinerja pelayanan persimpangan tersebut. Metode yang digunakan dalam menganalisis kinerja pelayanan persimpangan pada simpang ini mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Dalam menganalisa kapasitas dan perilaku lalu lintas dibutuhkan data lapangan berupa: kondisi geometrik, kondisi hambatan samping, kondisi arus lalu lintas selama 6 hari dari hari senin 12 November sampai sabtu 17 November 2018 dengan waktu pengamatan 9 jam per hari yaitu pagi jam 07.00-10.00,siang jam 11.00-14.00, dan sore jam 16.00-19.00. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa simpang tiga jalan Timor Raya km 28 Oesao dan jalan jurusan Oekabiti Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang pada saat ini memiliki nilai tundaan simpang minimum pada jam 17.00-18.00 yaitu 15,03 det/smp, nilai tundaan simpang maksimum pada jam 07.00-08.00 yaitu 22,77det/smp, nilai tundaan simpang rata-rata pada jam 17.00-18.00 yaitu 17,53 det/smp,dan setelah dilakukan optimalisasi pengaturan arus lalu lintas yakni menghilangkan hambatan samping untuk kendaraan parkir, kendaraan keluar masuk, melakukan pelebaran jalan jurusan Oekabiti, dan memberlakukan rambu larangan belok kanan untuk kendaraan bermotor dari jalan jurusan Oekabiti menuju jalan Timor Raya km 28 Oesaosisi timur, nilai tundaan simpang minimum pada jam 17.00-18.00 berubah menjadi 11,84 det/smp, nilai tundaan simpang maksimum pada jam 07.00-08.00 berubah menjadi 15,42 det/smp, nilai tundaan simpang rata-rata pada jam 17.00-18.00 berubah menjadi 13,07 det/smp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan,Kinerja Simpang,MKJI 1997,Simpang Tiga,Tundaan Simpang
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:06
Last Modified: 27 Jan 2020 02:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item View Item